Home > IT > Seputar Software

Seputar Software

KATA PENGANTAR

Bismillahhirrohmanirrohim.

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya kami bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Software Komputer”.
Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah FTI. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.

                                                                      BAB I

I.            PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Software komputer menjadi bagian yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan menggunakan komputer. Software office membantu kita mengerjakan pekerjaan kantor yang berhubungan dengan dokumen pengolah kata, software grafis membantu kita mengerjakan pekerjaan – pekerjaan olah gambar, ataupun software multimedia yang membantu kita mengerjakan pekerjaan olah multimedia. Saat ini sangat banyak software yang beredar dimasyarakat baik yang gratis maupun berbayar. Dalam menentukan software mana yang akan kita pakai. Berbagai jenis software dapat kita peroleh sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita bisa mendapatkan software pengolah kata seperti Microsoft Office, Wordpad, Open Office Writer, Corel Wordprefect untuk kebutuhan menulis. Atau juga Photoshop, Coreldraw, Adobe Freehand, Adobe Ilustrator, untuk desain gambar. Juga bisa menggunakan Autocad, SAP, Autodesk Revit Architecture untuk desain rumah atau bangunan.

Selain itu banyak lagi jenis software lain yang bisa kita temukan di artikel software computer seperti software untuk memutar atau membuat file multimedia, software untuk menghitung, software pengenal wajah, dan software-software lainnya.dapat kita peroleh sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya saja kita bisa mendapatkan software pengolah kata seperti Microsoft Office, Wordpad, Open Office Writer, Corel Wordprefect untuk kebutuhan menulis.Software yang kita gunakan sekarang ini tidak serta merta muncul begitu saja melainkan melalui proses yang panjang dalam evolusinya. Hal ihwal munculnya komputer mungkin dapat dilihat dalam kilas balik sejarah sejak digunakannya Abacus – ditemukan di Babilonia (Irak) sekitar 5000 tahun yang lalu – sebagai alat perhitungan manual yang pertama, baik di lingkup sekolah maupun kalangan pedagang, saat itu. Pada periode selanjutnya telah banyak ditemukan alat-alat hitung mekanikal sejenis yaitu Pascaline yang ditemukan oleh Blaine Pascal pada tahun 1642, Arithometer oleh Charles Xavier Thomas de Colmar pada tahun 1820, Babbage’s Folly oleh Charles Babbage pada tahun 1822, dan Hollerith oleh Herman Hollerith pada tahun 1889. Kesemuanya masih berbentuk mesin sepenuhnya tanpa tenaga listrik. Ukuran dan kerumitan strukturnya berdasarkan atas tingkat pengoperasian perhitungan yang dilakukan. Barulah pada tahun 1940, era baru komputer elektrik dimulai sejak ditemukannya computer elektrik yang menerapkan system aljabar boolean.

  1. Tujuan
  1. Untuk mengetahui perkembangan software dari dulu hingga saat ini.
  2. Meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang perangkat computer khususnya tentang software.
  3. Untuk mengetahui jenis dan macam tipe software agar dapat dimanfaatkan lebih baik lagi.
  4. Memajukan daya pola pikir kita untuk lebih inovatif dan creatife dalam bidang software.
  5. Agar kita mampu menciptakan suatu trobosan terbaru dari software.

BAB II

1)      PENGERTIAN SOFTWARE

Pengertian software secara harfiah adalah piranti lunak; perangkat lunak; program komputer. Istilah baku software dalam bahasa Indonesia adalah perangkat lunak. Software adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komuter dalam menjalankan pekerjaanya. Software (perangkat lunak) ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.

Selain itu, software juga merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah  suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. pengolahan pada software ini melibatkan beberapa hal, di antaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

Dalam arti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai sesuatu prosedur pengoperasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh televisi, dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam di atas kaset atau compact disc (CD), data di atas kertas , serta cerita ataupun uraian yang ada di dalam sebuah buku.

Software adalah komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk menyatakan cara-cara yang menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula di artikan sebagai segala macam jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan peralatannya.

SISTEM INFORMASI

Fungsi Utama Sistem Operasi

(a)    Menyimpan program dan aksesnya.

(b)   Membagi tugas di dalam CPU.

(c)    Mengalokasikan tugas-tugas penting.

(d)   Merekam sumber-sumber data.

(e)    Merekam memori sitem termasuk menyimpan, menghapus, dan mendapatkan data.

(f)    Memeriksa kesalahan sistem.

(g)   Multi-tugas pada OS/2”, Windows ‘95”, Windows ‘98”, Windows NT” / 2000 / XP.

(h)

Programs

Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID.

Hardware

Operating System

Gambar Fungsi Sistem Operasi

Contoh software sistem operasi adalah :MS-DOS, Windows (mulai dari versi awal hingga Windows XP), Macintosh System 7, UNIX, Taligent/Pink, OS/2, S/36 SSP (mainframe), OS/400 dan saat ini lagi gencarnya promosi sistem operasi LINUX.

Istilah-istilah dalam Sistem Operasi

v  Multiprogramming

Suatu metode yang memungkinkan dua buah program atau lebih dijalankan secara serentak dalam sebuah komputer dan berbagai sumber daya dalam waktu yang berlainan.

v  Multiprocessing

Suatu kemampuan sistem operasi yang menjalankan dua atau lebih instruksi secara serentak dengan menggunakan sejumlah CPU dalam sebuah komputer.

v  Timesharing

Suatu metode yang dipakai sistem operasi yang memungkinkan sejumlah pemakai dapat berinteraksi dengan proses yang dibuatnya.

v  Multitasking

Suatu kemampuan yang memungkinkan seorang pemakai menjalankan sejumlah program dalam waktu yang sama.

v  Penyimpanan Virtual

Metode yang menangani sejumlah program dengan membagi program-program tersebut ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil dan berukuran sama dengan hanya sebuah bagian dari setiap proses yang ditaruh dalam memori utama per satu waktu.

v  Utilitas (Utility)

Penggolongan utilitas menurut tugas :

-          Pencadangan (backup)

Menyalin program atau data yang terdapat pada harddisk komputer ke suatu peranti pentimpanan eksternal

-          Pemulih data

Melakukan perbaikan atau pemulihan data yang rusak secara fisik.

-          Anti virus

Menangani penularan virus dalam komputer.

-          Virus :

penggalan kode yang dapat mengendalikan dirinya sendiri dengan cara menyalin kode dan menempelkannya ke berkas program yang dapat dieksekusi

-          Kompresi data

Upaya yang dilakukan pemakai komputer dengan tujuan agar berkas yang berukuran besar dapat disimpan dengan ukuran yang jauh lebih kecil.

-          Defragmentasi.

Upaya untuk menghilangkan fragmentasi.

-          Fragmentasi :

keadaan yang membuat bagian dari berkas-berkas pada harddisk atau disket tidak berada pada lokasi yang bersebelahan

-          Pemformat disk

Tindakan yang dilakukan untuk menyiapkan disket atau harddisk agar bisa digunakan untuk menyimpan data atau program

2)      EVOLUSI SOFTWARE

Evolusi software secara garis besar diklasifikasikan menjadi era belum adanya computer dan setelah adanya computer. Sebelum adanya computer dibagi menjadi era primitive dan era mekanis. Sedangkan pada era setelah adanya computer, evolusi software mengikuti evolusi hardware komputer itu sendiri.

  • Era software sebelum adanya komputer diklasifikasikan menjadi dua era yaitu :
    • Era primitive (± 300 SM) di mana software dibuat dengan melakukan petunjuk-petunjuk sederhana dengan menggunakan kode gerak sejenis semaphore.
    • Era Mekanis (1840-1930-an) yang diterapkan pada peralatan Anatycal Engine dan pemakaian mesin kartu plong (punch card).
    • Era software setelah adanya komputer yang berarti menggunakan teknologi elektronis, dibagi menjadi era pioneer, era stabil, era mikro, dan era modern.
      • Era pioneer (1940-1960) bentuk software masih berupa sambungan-sambungan kabel ke antar bagian komputer dan berbentuk kartu punch (plong). Cirri-ciri lain dari era pionir ini adalah masih menggunakan proses yang terkelompok (batch), distribusi terbatas, dan diproduksi untuk keperluan khusus.
      • Era Stabil (1960-1980) komputer sudah diproduksi secara massal dan software sudah bisa menjalankan beberapa fungsi proses secara kelompok (multitasking). ciri lain yang dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak pengguna (multiuser) secara cepat dan langsung (real time), produk software bisa digunakan secara terpisah, sudah menggunakan system database.
      • Era Mikro (1980-1990) software diproduksi untuk kebutuhan komputer jaringan (networking) dan tersebar (distributed), harganya murah sehingga banyak digunakan untuk kebutuhan pribadi (home), bersifat otomasi untuk kecerdasan buatan (artificial intelligent).
      • Era Modern (1990-?) memiliki ciri software berbasis multimedia, desktop dan portable, berteknologi objek, system pakar, pemrosesan parallel, dan dapat berkomunikasi dengan jaringan global.

Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang dibagi menjadi beberapa era yaitu :

  • Era Pemula (Pioneer) Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya.
  • Era Stabil Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan.
  • Era Mikro Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
  • Era Modern Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 processor-nya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC.

·         Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

3)      SEJARAH PERKEMBANGAN SOFTWARE

Perangkat lunak sebelum komputer generasi pertama

  • 300 sm : penggunaan obor sebagai signal untukmengirimkan berita yang digunakan oleh bangsa yunani
  • 1842 : Ada Augusta, penulis perangkat lunak pertama kali yang digunakan pada Babbage’s Analytical Engine.
  • 1933 : Wallace J. Eckert menggabungkan beberapa mesin akuntansi kartu plong IBM yang berbeda.
  • 1945 : Kutu yang pertama

Menurut sejarah perkembangan bahasa pemograman software dari generasi pertama hingga saat ini ,berikut ini penjelasannya :

a. Bahasa generasi pertama

Pada awalnya, program yang digunakan untuk menjalankan komputer masih menggunakan bahasa mesin (machine language) atau dikenal dengan bahasa generasi pertama (first generation language). Contohnya perintah 1101011010010010 diartikan sebagai perintah ADD, sedangkan urutan selanjutnya 10010010 diartikan sebagai data 52H (hexadesimal). Perintah yang berupa bahasa mesin benar – benar menggambarkan penambahan secara digital yang harus dilakukan microprosessor. Namun penggunaan bahasa mesin ini masih membutuhkan suatu alat untuk menerjemahkan bahasanya atau disebut juga dengan interpreter, sehingga kecepatan eksekusinya masih sangat lamban karena sebelum melaksanakan eksekusi program terlebih dahulu harus diterjemahkan. Bahasa Mesin inilah yang disebut bahasa tingkat rendah (low level language).

b.Bahasa generasi kedua

Selain bahasa mesin, masih ada bahasa rakitan (assembly language) atau dikenal dengan bahasa generasi kedua ( second generation language). Bahasa rakitan hampir mirip dengan bahasa mesin, hanya penulisannya sudah berupa sesuatu yang dapat dibaca, misalnya perintah ADD 52H. Bahasa rakitan disamakan dengan bahasa tingkat rendah karena masih dibutuhkan suatu penerjemah untuk dapat menjalankan perintahnya atau dikenal dengan Assembler language. Penggunaan bahasa tingkat rendah ini menimbulkan kesulitan bagi orang-orang awam yang baru belajar komputer karena bahasa tingkat rendah merupakan bahasa yang hanya dimengerti oleh komputer dan programnya itu sendiri,  sehingga orang – orang awam akan mengalami kesulitan untuk mengerti bahasanya.

c. Bahasa generasi ketiga

Untuk menanggulangi masalah tersebut, dibuatlah bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti COBOL, FORTRAN, PL/I, PASCAL, BASIC dan ALGOL. Program ini disebut juga bahasa generasi ketiga. Pada generasi ini muncul istilah procedure oriented programming dan problem oriented language. BASIC dan PASCAL disebut procedure oriented karena penulisan programnya sesuai dengan aturan yang ada. Sedangkan COBOL dan FORTRAN termasuk kedalam prombem oriented. Sejalan dengan dibuatnya bahasa tingkat tinggi tersebut, dibuat pula sistem operasi (operating system) untuk memudahkan orang menjalankan komputer pertama kali. Sistem operasi yang dibuat dengan nama DOS (disk operating system ), seperti PC-DOS, MS-DOS, dan DR-DOS.

Pembuatan bahasa tingkat tinggi dimaksudkan agar belajar komputer lebih mudah, karena bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari, seperti GOTO, PRINT, COLOR, LOCATE, dan lain-lain, sehingga program ini lebih cepat dibandingkan bahasa tingkat rendah karena bahasa tingkat tinggi dapat langsung dijalankan (RUN) tanpa harus melalui penerjemah atau interpreter. Bahasa tingkat tinggi dapat dibuat dalam bentuk executable (extention COM atau EXE) dengan menggunakan compiler. Yang dimaksud dengan executable adalah suatu program yang tidak bergantung pada program induknya, misalnya dibuat program dengan bahasa BASIC dengan nama latihan 1, program tersebut jika tidak dibuat executable akan ber-extention BAS (latihan1.bas). Apabila program tersebut akan dijalankan, anda haru menggunakan program induknya (BASIC) lalu dijalankan (RUN) latihan1 dengan menggunakan compiler. Namun apabila program tersebut dibuat executable akan menjadi latihan1.exe dan dapat dijalankan langsung dengan memanggil program tersebut.

d. Bahasa generasi keempat

Bahasa generasi keempat (fourth generation language) atau 4GL dibuat untuk memungkinkan seorang programmer atau pemakai menginstruksikan komputer apa yang harus dilakukan. Bahasa generasi keempat tidak mementingkan urutan instruksi program yang dibuat seperti pada bahasa generasi ketiga, yakni pembuatan program yang tidak mengikuti prosedur yang berlaku atau non procedural. Pembuatan bahasa generasi keempat ini ditujukan untuk memudahkan pengguna pada proses pengambilan keputusan, seperti kemudahan dalam mempelajari dan menggunakan bahasa ini. Contoh bahasa generasi keempat antara lain : FOCUS, RPG, MANTIS, MARK V, DYNAMO, GASP, IFPS, SLAM, SIMSCRIPT dan MODEL.
 e. Bahasa generasi kelima

Dalam beberapa literatur tidak membahas adanya generasi kelima, tetapi disini dianggap bahwa generasi kelima adalah bahasa pemrograman yang digunakan pada expert system. Expert system dibuat untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat suatu program seperti layaknya seorang pakar sistem. Contohnya LISP dan Prolog.
Sejalan dengan kebutuhan manusia, dibuatlah program-program lain yang siap digunakan (program paket). Program paket ini dibuat untuk memudahkan pengguna komputer dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Adapun program yang digunakan masih under DOS atau dijalankan dengan menggunakan sistem operasi DOS (Disk Operating System). Program paket tersebut antara lain :

-          Program spreadsheet, seperti lotus 123

-          Program wordprosessing, seperti wordstar dan wordperfect

-          Program database, seperti Dbase II, Dbase III+, dan Dbase IV

Pada tahun 1980-an merupakan perubahan era penggunaan komputer dengan diciptakannya program Windows 3.1 oleh Bill Gates berkebangsaan Amerika, dibawah naungan perusahaan Microsoft Corporation. Pembuatan program Windows 3.1 merupakan era dimana orang-orang dapat menggunakan program komputer dengan mudah dan dapat menggunakan dua, tiga atau lebih program sekaligus dalam satu waktu atau yang dikenal dengan multitasking. Program Windows 3.1 disempurnakan dengan dikeluarkannya program Windows 3.11 yang mana dalam program tersebut ditambahkan fasilitas untuk keperluan jaringan. Program Windows 3.1 dan 3.11 masih menggunakan sistem operasi DOS.

Berikut adalah beberapa contoh dari bahasa pemograman :

v  BASIC (Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code)

Dikembangkan tahun 1965.

Tergolong bahasa serbaguna.

Keunggulan :

  • mudah untuk dipakai. Namun mulai ditinggalkan karena berbentuk interpreter.

Kecepatannya pun lambat. Tidak mendukung operasi bilangan yang kompleks dan penanganan terhadap berkas sangat terbatas

  • Contoh Bahasa Basic yang banyak di pasaran :
    • BASICA
    • MBASIC
    • TURBO BASIC
    • TRUE BASIC
    • QUICK BASIC
    • POWER BASIC
    • VISUAL BASIC
    • Dll.

v  FORTAN (Formula Translator)

Dikembangkan tahun 1956, untuk mempermudah pembuatan aplikasi matematika, ilmu pengetahuan, dan teknik.

Merupakan very high level language pertama yang diciptakan.

Keunggulan :

  • mampu menangani perhitungan bilangan kompleks

Kerugian  :

  • Operasi masukan/keluaran yang sangat kaku

Kode sumber lebih sulit dipahami

  • Contoh Bahasa Fortan :
    • FORTAN II
    • FORTAN IV
    • WATFTIV dan WATFOR
    • MS-FORTAN
    • FORTAN 77
    • Dll.

v  COBOL (Common Business Orieted Language)

Dikembangkan tahun 1959, temasuk very high level language.

Mempermudah pembuatan aplikasi di bidang bisnis.

Keunggulan :

  • Tak tergantung mesin
  • Syntaksnya menggunakan kata-kata bahasa inggris
  • Penanganan terhadap berkas sudah tersedia, dan bahkan mendukung bermacam-macam tipe berkas.
  • Penangannan masukan/keluaran mudah dilakukan

Kerugian :

penulisan program yang sangat kaku dan terkesan bertele-tele.

  • Contoh Bahasa Cobol :
    • COBOL 60
    • COBOL 80
    • MS COBOL 1.0 s/d 3.0
    • Dll.

v  PASCAL

Dibuat tahun 1971.

Keunggulan :

  • Kemudahan untuk dipelajari
  • Dukungan fungsi-fungsi matematika yang sangat lengkap

Kelemahan :

  • tidak mendukung operasi bilangan kompleks

tidak mendukung sarana untuk aplikasi bisnis

  • Contoh Bahasa Pascal :
    • UCSD Pascal(Univeesity of California at San Diego)
    • MS Pascal
    • Turbo Pascal (dengan berbagai versi)
    • Dll.

v  C Language

  • Contoh Bahasa C
    • Tiny C
    • Small C
    • C 80
    • Turbo C
    • Dll.

v  Prolog (Program in Logic)

Dikenalkan oleh IBM tahun 1963.

Untuk menangani pemrosesan data bisnis maupun perhitungan.

Hanya dikenal di lingkungan IBM

  • Contoh bahasa Prolog :
    • MicroProlog
    • TurboProlog
    • Dll.

v  RPG

Merupakan bahasa pemrograman generasi ketiga, yang populer di mainframe maupun mini komputer.

Kemampunnya memudahkan pemrograman dalam membuat laporan bisnis.

Dikenalkan tahun 1964

v  APL

Bahasa pemrograman generasi ketiga, diciptakan tahun 1962.

Menggunakan keyboard khusus yang berisi simbol yang memungkinkan untuk melakukan penyelesaian matematika yang kompleks

v  LOGO

Bahasa yang ditujukan khusus untuk membantu anak-anak dalam menyelesaikan masalah dan melakukan pemrograman.

Dibuat MIT tahun 1967.

Mudah digunakan untuk membuat gambar

v  FORTH

Diciptakan tahun 1971.

Untuk menangani tugas-tugas kontrol secara waktu-nyata (real time) maupun untuk aplikasi bisnis dan grafis.

Keunggulan :

1.      Kemampuan memproses yang sangat cepat

2.      Memerlukan sedikit memori

Tersedia pada berbagai platform

v  ADA

Dikembangkan tahun 1975.

Dibuat sebagai standart bagi seluruh aplikasi di Departemen Pertahanan Amerika

Mendukung pemrograman terstruktur, penyembunyian informasi, tipe data abstrak, dan pemrosesan parallel

v  C

Diciptakan tahun 1972.

Mampu menggabungkan kemampuan pengendalian mesin berlevel rendah dan struktur data dan struktur kontrol yang berlevel tinggi.

Kelebihan :

-          sifat portabilitas

-          cepat dan efisien

-          pemanipulasian data dalam bentuk bit dimungkinkan

Kelemahan :

-          banyak pemrogram menganggap sulit dipahami dan dipelajari

-          tidak ada dukungan untuk aplikasi bisnis

v  C++

Berorientasi objek.

Menggunakan kaidah bahasa C

v  DBASE

Berorientasi basis data yang mengawali adanya DBMS.

v  JAVA

Dibuat tahun 1995.

Berorientasi objek dan serbaguna.

Kode Java dikompilasi dalam format yang disebut bytecode.

v  LISP

Untuk aplikasi kecerdasan buatan.

v  PROLOG

Untuk aplikasi kecerdasan buatan.

Penerjemah Bahasa

Assembler

Program yang digunakan untuk menterjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly) ke dalam bahsa mesin

Kompiler

Program penerjemah yang mengkonversikan semua kode sumber selain bahasa dalam bahasa rakitan menjadi kode objek.

Keuntungan :

1.      Pengerjaan instruksi dilakukan dengan cepat.

2.      Kode objek dapat didistribusikan ke komputer lain tanpa perlu menyertakan kode sumber dan kompiler.

Kerugian :

  1. Seluruh kode sumber harus benar secara syntax agar program bisa diuji.

Interpreter

Program yang menterjemahkan per satu instruksi dalam kode sumber dan kemudian segera menjalankan instruksi yang telah diterjemahkan tersebut..

Kelebihan :

v  Kemudahan mencari kesalahan senadainya program menghasilkan sesuatu yang dianggap salah ketika program dijalankan.

Kerugian :

v  Kode sumber harus tersedia

v  Kecepatan eksekusi menjadi lambat karena setiap kali instruksi akan dijalankan perlu diterjemahkan dulu

4)      JENIS SOFTWARE atau PERANGKAT LUNAK

Software atau perangkat lunak computer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free (freeware, free software, shareware, adware).

n  Software Berbayar

Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikan. Pemgguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. Contoh software berbayar ini misalnya adalah system Microsoft windows, Microsoft office, adobe photoshop, dan lain-lain.

n  Software Gratis (Freeware)

Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak computer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu. Berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki control terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla news, juga didistribusikan di bawah GPL(Free Software)

n  Free Software

Free software dikenal juga sebagai Freed Software, Liberated Software (software libre) atau FRS (freely redistributably software). Kata “FREE” disini bukan berarti bebas tanpa aturan untuk menyalin, memodifikasi, dan mendistribusikan namun semua itu ada aturan dan syaratnya yang harus dipatuhi oleh pengembang dan penggunanya. Persyaratan tersebut tertuang dalam lisensi yang digunakan oleh Free Software. Jadi bukan berarti Free Software tidak berlisensi. Pada akhirnya timbul kesalahpahaman bahwa layanan yang diberikan dengan menggunakan Free Software itu tidak boleh dikomersilkan alias harus selalu gratis. Ini yang sering menyebabkan pengadopsian Free Software dalam suatu model bisnis yang dapat diterima menjadi sulit. Sebagai contoh rekan-rekan yang menjual CDROM berisi GNU/Linux GPL dianggap juga membajak dan tidak etis (padahal yang dilakukan adalah menjual layanan penyalinan dan menjual media CDROM tersebut).

n  Shareware

Jenis yang kedua adalah shareware. Shareware adalah software yang dapat digunakan tanpa biaya dalam jangka waktu tertentu. Setelah jangka waktu tersebut selesai, pengguna diberi pilihan, apakah akan melanjutkan menggunakan software tersebut (dengan konsekuensi membayar) atau tidak menggunakan lagi software tersebut. Terkadang pada shareware diberi batasan fitur yang hanya bisa digunakan jika pengguna membeli softwarenya. Seperti freeware, shareware masih dibatasi oleh hak cipta. Tujuan pembuatan shareware cukup jelas, yaitu memberikan contoh hasil jadi software tersebut sebelum dibeli oleh pengguna. Beberapa contoh dari shareware ini misalnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR, dan sebagainya.

Beberapa contoh software dalam kelompok ini adalah :

  • Pengolah  Kata (Word Processor)

Program  paket ini dapat membuat komputer berfungsi sebagai mesin ketik elektronik yang canggih.  Jenis dari pengolah kata yang terkenal, antara lain:

- WordStar

- Word Perfect

- Multimate

- Microsoft Word

- Turbo Sprint, dll.

  • Pengolah  Angka  (Spreadsheet)

Dengan  program  ini  komputer  berfungsi  sebagai  kertas  kerja  yang  dapat melakukan perhitungan  secara otomatis.  Adapun jenis  dari   spreadsheet yang cukup terkenal seperti:

- Lotus 123 (dengan berbagai versinya)

- Supercalc

- Symphony

- FrameWork

- Quattro

- Microsoft Works (Spreadsheet)

- Microsoft Excel (dengan berbagai versinya)

- dan lain-lain

  • Pengolah  Data (DataBase)

Program  ini  dapat  membuat  komputer mengolah data dalam bentuk file secara mudah, rapi, dan  cepat  dalam hal penempatan dan manipulasinya.  Yang termasuk program aplikasi ini antara lain:

- dBase (dengan berbagai versinya)

- Oracle

- FoxBase

- DacEasyBase

- FoxPro

- Visual FoxPro

- dan lain-lain

  • Pembuat Artikel (Publisher) atau lazim disebut software Desktop Publishing

Dengan  paket  ini  komputer dapat berfungsi sebagai mesin editor untuk membuat majalah, koran, ataupun  berbagai  bentuk artikel lainnya.  Yang termasuk dalam paket program ini antara lain:

- Ventura Publisher

- Aldus PageMaker (dengan berbagai versinya)

- Adobe PageMaker (dengan berbagai versinya)

- Corel Draw (dengan berbagai versinya)

- Aldus FreeHand (dengan berbagai versinya)

- Harvard Graphics

- dan lain-lain

  • Animasi

Program  paket  yang   dapat membuat animasi berupa gambar ataupun tulisan, dengan berbagai fasilitasnya (warna, bergerak, dan lain-lain).  Contoh-contoh program animasi adalah sebagai berikut:,

Story Board , Show Partner

dr Hallo, Fanta Vision

Cartooner, Disney Animation Studio

Tempra Pro, Assymetric Toolcox, Animator Studio

Macromedia Flash, Director

dan lain-lain

  • Statistik

Program yang digunakan untuk mengolah data-data statistik.

Contoh-contoh program ini adalah:

- My Stat

- Micro Stat

- Statplan

- SPSS

- MathLab

- dan lain-lain

  • MULTIMEDIA

Program Audio

-          Utility Sound Card

-          Goldwave

-          Cakewalk Pro Audio — Midi

-          Sound Forge

-          dan lain-lain

Program Video

-          Adobe Premiere

-          Deputy Soft

-          Video Edit

-          Mpeg Player

-          dan lain-lain

Program Image Editing

-          Photo Styler

-          Image Styler

-          Photo Finish

-          Adobe  PhotoShop

-          dan lain-lain

Program 3D Animation

-          3D Studio Max

-          Crystal Topas

-          Infinidy

-          dan lain-lain

Bab III

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Perkembangan software dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya software bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu software diciptakan hanya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman software ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna khususnya pada bidang industri dan penelitian.

Software bisa juga berarti sebagai alat penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasan logika matematikanya yang sangat spesial membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.

Diantara banyak teknologi informasi yang hampir kita temukan di setiap tempat, kita bisa menemukan software. Sekarang software sangat berkembang pesat, hampir setiap tahun software selalu mengalami perkembangan. Orang bisa menggunakan komputer dimana saja di rumah, di kafe, di sekolah, dan di tempat lainnya. Sedangkan model dan desain dari software itu sendiri juga mengalami perkembangan. Dulu apabila orang ingin menggunakan komputer, maka penggunanya hanya bisa di menggunakan komputer di kantor atau di rumah. Sedangkan saat ini pengguna komputer bisa menggunakan komputer di mana saja yang mereka inginkan.

Demikian yang dapat kami paparkan mengenai materi software yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman sudi memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya, juga para pembaca yang budiman pada umumnya.

  1. Saran

Untuk kemajuan teknologi komputer, maka diharapkan agar perkembangan komputer mampu mengubah pola pikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia. Diharapkan dengan adanya teknologi komputer dan softwarenya dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdar bangsa, bukannya untuk menghancurkan moral bangsa.

Kemajuan software komputer di masa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat, karena di masa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan sistem komputerisasi.

Categories: IT
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: